• PENGUMUMAN SEPUTAR SISTEM BARU DI GAWAZAT


    RILISAN INTIF MESIR SEPUTAR SISTEM BARU DI GAWAZAT 

    Sehubungan dengan berita yang beredar terkait pengurusan Iqomah dengan sistem baru yang diberlakukan oleh Gawazat, Intif Mesir menerangkan beberapa poin terkait hal tersebut sebagai berikut:

    1. Pada tanggal 1 Juni 2020 Gawazat untuk Wafidin resmi pindah dari tempat lama ke tempat baru di lingkungan asrama Buuts Banin yang bersebrangan dengan Asrama Banat.

    2. Pada Senin, 26 Juni 2020 Gawazat mulai memberlakukan uji coba pengurusan Iqomah dengan sistem baru. Yaitu pengurusan secara digital dari mulai Takdim sampai Taslim.

    3. Secara urutan, pengurusan sistem baru digital ini sama saja seperti sistem lama. Dimulai dengan mengurus Tasdik/Ifadah, mengajukan berkas ke kekeluargaan, kekeluargaan setor ke Intif Mesir, lalu akan takdim dan taslim. Yang berbeda adalah proses Takdim dan hasil Taslimnya, yaitu:

    a. Takdim sistem baru mengharuskan setiap pemohon Iqomah untuk datang langsung ke Gawazat karena akan ada perfotoan dan rekam sidik jari.
    b. Taslim Iqomah akan berupa kartu seperti kerneh/KTP/kartu kredit/debit bank dengan biaya cetak sebesar EGP 530 untuk setiap orang setiap kali pengurusan.

    4. Kabarnya sistem baru ini akan lebih cepat dibanding sistem lama, tapi sampai saat ini—setelah berjalan lebih kurang 3 bulan—masih belum terbukti.

    5. Sistem baru ini rencananya akan diberlakukan menyeluruh kepada semua Wafidin mulai tahun ajaran baru 2020-2021.

    6. Untuk iqomah 3 bulan (DL dan Murasyah) juga diberlakukan aturan yang sama. Tapi ada 2 pilihan yang bisa diambil, yaitu:

    a. Mengurus iqomah setiap 3 bulan sekali seperti biasa (berarti membayar tambahan biaya cetak EGP 530 untuk setiap kali taslim).
    b. Mengurus iqomah sampai taslim untuk kali pertama saja. Setelahnya tidak perlu mengurus lagi. Untuk menghindari Gharamah, pemohon bisa mengurus tasdik/ifadah setiap kali habis. Kemudian setelah Muqayyad barulah takdim lagi dengan menggunakan tasdik muqayyad sambil menyertakan tasdik-tasdik/ifadah-ifadah tersebut.

    Mengenai Takdim dan prosesnya:
    1. Takdim sistem baru adalah lanjutan proses setelah berkas masuk Intif dan pemohon mendapatkan nomor masuk Intif.

    2. Antrian Takdim akan berdasarkan nomor masuk Intif dan daftar prioritas (berkas keluarga, murasyakh dan nama-nama yang diambang kena Ghoromah).

    3. Jadwal Takdim sistem baru untuk Indonesia adalah setiap hari Senin, bersama Madinah Buuts.

    4. Kuota takdim maksimal 150 orang setiap minggunya. Dimulai dari jam 09.00 s/d 14.00 clt.

    5. Daftar antrian takdim setiap minggu akan dirilis oleh Intif Mesir beberapa hari sebelum hari Senin.

    Mengenai Taslim dan cetak kartu iqomah:
    1. Taslim Iqomah dengan sistem baru akan berupa kartu seperti kerneh/KTP/kartu kredit/debit bank dengan biaya cetak sebesar EGP 530 untuk setiap orang setiap kali pengurusan.

    2. EGP 530 ini adalah ketentuan dari Gawazat langsung dan dibebankan kepada setiap pemohon iqomah untuk setiap pengurusan setiap tahun.

    3. Biaya ini hanya biaya cetak kartu iqomah. Biaya pengurusan tetap berlaku dengan jumlah yang sama seperti sebelumnya.

    4. Jarak waktu antara takdim ke taslim belum bisa diprediksi.

    5. Berkas yang dikatakan siap taslim adalah yang sudah takdim dengan perfotoan dan rekam sidik jari, turun muwafaqah dari Idarah Qowaim, ditasdid, dan dimurajaah.

    6. Setelah berkas dinyatakan siap taslim, Tim Intif Mesir akan mendata dan merilis daftar nama-nama berkas tersebut agar datang pada hari Minggu untuk membayar biaya tambahan cetak kartu iqomah sebesar EGP 530.

    7. Setelah membayar, pemohon masih akan harus menunggu proses pencetakan yang memakan waktu 3 hari kerja.

    8. Setelah selesai Intif Mesir akan mengumumkan daftar nama yang kartu iqomahnya sudah selesai.

    Informasi lain yang belum ada akan disampaikan kemudian.
    Rabu, 19 Agustus 2020

    Intif Mesir

  • 0 comments:

    Post a Comment