• JALUR IQOMAH PRIORITAS GAWAZAT

     

    SYARAT DAN KETENTUAN IQOMAH JALUR PRIORITAS GAWAZAT MELALUI INTIF MESIR

     

    Gawazat Buuts resmi membuka jalur opsional pengurusan iqomah prioritas dengan durasi pengurusan hanya 2-7 hari kerja dan tambahan biaya sebesar 200 LE

     

    Aturan ini sudah diberlakukan dari mulai pertengahan Juni, namun Intif perlu memantau dan menguji terlebih dahulu efektifitas dari aturan baru tersebut.

     

    Setelah memantau dan menggali informasi dari pihak-pihak terkait, dengan ini Intif mengumumkan beberapa ketentuan hasil dari pantauan sebagai berikut:

     

                    1              Jalur ini bersifat opsional, hanya bagi yang mau dan bersedia saja; mau iqomahnya cepat dan bersedia membayar lebih.

     

                    2              Jalur normal masih tetap dibuka sebagaimana biasa, namun ada kemungkinan akan sedikit diperlambat karena Gawazat akan mendahulukan jalur prioritas.

     

                    3              Secara umum prosedurnya tidak ada yang berubah. Tetap perfotoan, menunggu muwafaqah Idarah Qowaim, Tasdid, Murojaah, Bayar kartu, kartu dicetak dan Taslim.

     

    Hanya saja untuk jalur prioritas semuanya dilakukan dengan lebih cepat menjadi sebagai berikut: Perfotoan (masuk kloter paling pagi) > bayar biaya cetak kartu + biaya jalur prioritas langsung setelah perfotoan di bank di Gawazat, kemudian proses muwafaqah Idarah Qowaim, Tasdid dll keesokan harinya, lalu di hari ke-3 s/d ke-7 kartunya akan jadi dan siap diambil (Taslim).

     

                    4              Mengenai durasi, tidak ada jaminan akan selesai dalam 2-7 hari kerja, karena dari testimoni mandub Malaysia dan beberapa mandub lain menyatakan ada yang selesai dalam 2 hari, ada juga yang sampai seminggu. Tapi sejauh ini, berkas prioritas ketika ada kendala memang diperhatikan dengan lebih serius.

     

                    5              Mengenai prosedur, walaupun dikatakan Gawazat yang membuka jalur ini, pada prakteknya tetap mandub negara yang bertugas di Gawazat yang dibebankan untuk menyelesaikan berkas-berkas tersebut.

     

                    6              Mengenai tambahan biaya, walaupun di pengumuman resmi ditulis 200 LE, tapi pada praktiknya bank di Gawazat menagih 220 LE, dan tambahan 30 LE untuk kompensasi tugas tambahan jalur prioritas Intif. Maka total tambahan biaya jalur prioritas ini adalah 250 LE.

     

                    7              Jalur prioritas ini dibuka bagi siapapun dengan syarat berkasnya aman (tidak amn wathani, idarah iqomah dll) dan berkas RM.

     

                    8              Untuk sementara Intif hanya membuka jalur prioritas bagi berkas-berkas baru yang akan masuk. Untuk berkas yang sudah masuk dan diproses tidak bisa ikut jalur ini.






  • 0 comments:

    Post a Comment